RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP N 3 JEJAWI
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester : 2 (Dua)
Standar Kompetensi : 4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta
ukurannya.
Kompetensi Dasar : 4.1. Menentukan unsur dan bagian-bagian lingkaran.
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran.
A. Tujuan
Pembelajaran
Peserta didik dapat menyebutkan unsur-unsur dan
bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali
busur, tembereng, juring, apotema.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
Lingkaran,
yaitu mengenai mengenal unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
D. Langkah-langkah
Kegiatan
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya
mempelajari materi ini.
Kegiatan Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan stimulus berupa
pemberian materi oleh guru mengenai unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran:
pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring,
apotema, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut
(Bahan: buku paket, yaitu buku Matematika
Kelas VIII Semester 2, mengenai mengenal unsur-unsur dan bagian-bagian
lingkaran).
F Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan mengenai unsur-unsur dan bagian-bagian
lingkaran: pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng,
juring, apotema.
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F Peserta didik mengerjakan
beberapa soal dalam buku paket mengenai
pemasangan nama unsur-unsur atau bagian-bagian lingkaran: pusat lingkaran,
jari-jari, diameter, busur, tali busur, tembereng, juring, apotema terhadap
gambar ilustrasinya, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas jawaban soal tersebut.
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling
dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan
hasil belajar peserta didik.
F Peserta didik diberikan pekerjaan
rumah (PR) dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.
E. Alat dan
Sumber Belajar
Sumber :
- Buku
paket, yaitu buku Matematika Kelas VIII
Semester 2.
- Buku referensi lain.
F. Penilaian Hasil Belajar .
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
· Menyebutkan unsur-unsur
dan bagian-bagian lingkaran : pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur,
talibusur, juring dan tembereng.
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
Disebut apakah ruas garis ?
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 3 Jejawi
SYAMSI, S.Pd., M,Si
NIP/NIK : 19722241998021001
|
|
Pedu, Januari 2016
Guru Mapel Matematika.
FITRA MAYASARI,
M.Pd
NIP/NIK : 198705052011012012
|
No comments:
Post a Comment