Urutan Daftar

Wednesday 2 November 2016

Persegi Panjang Keemasan


Persegi panjang keemasan merupakan sebuah bentuk yang unik dan penting di dalam Matematika. Bahkan Persegi panjang keemasan dianggap sebagai salah satu bentuk yang paling indah untuk dilihat. Oleh karena itulah banyak seniman menggunakannya dalam pekerjaan seni mereka.




Persegi panjang keemasan ditemukan dalam beberapa seni, terutama karya seni yang berasal dari abad 20. Akan tetapi kelihatannya arsitek-arsitek Yunani masa lampau tidak menyadari telah menggunakannya. Parthenon adalah contoh paling terkenal dari pemakaian persegi panjang keemasan. Selain itu persegi panjang keemasan juga ditemukan dalam Lukisan Monalisa karya Leonardo Da Vinci, The Roses of Heliogabalus karya Lawrence Alma-Tadema, Villa Stein Corbusier di Garces Fearus, Karya-karya Piet Mondrian, dan karya-karya seni zaman Renaissance lainnya. 



Persegi panjang merupakan sebuah segi empat yang mempunyai 4 sudut dan 4 sisi.

Persegi panjang keemasan adalah suatu persegi panjang yang jika dipotong sejajar sisi pendeknya sedemikian sehingga terbentuk sebuah persegi dan sebuah persegi panjang yang akan sebangun dengan persegi panjang semula.


persegi panjang keemasan golden rectangle


Perbandingan panjang ruas garis sebesar 1,61803398874089 : 1 tersebut dikenal dengan perbandingan keemasan (golden ratio) dimana nilai perbandingannya 1,61803398874089... . Untuk nilai pendekatan sampai 9 empat desimal menjadi 1,618033989 yang dikenal sebagai bilangan keemasan (golden number) dan dilambangkan dengan f (dibaca: phi).

Cara menggambar persegi panjang keemasan dapat kita saksikan dalam video berikut:


No comments:

Post a Comment