RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMP N 3 JEJAWI
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII
(Delapan)
Semester : 1 (Satu)
Standar Kompetensi :
1.
Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus.
Kompetensi Dasar : 1.1. Melakukan operasi aljabar.
Alokasi
Waktu :
10 jam pelajaran (5 pertemuan).
A. Tujuan Pembelajaran
-
Pertemuan Pertama :
Peserta didik dapat
menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bentuk aljabar.
-
Pertemuan Kedua:
Peserta didik dapat menyelesaikan
perpangkatan pada bentuk aljabar.
-
Pertemuan Ketiga:
Peserta didik dapat menyelesaikan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pecahan bentuk aljabar.
-
Pertemuan Keempat
Peserta didik dapat menyelesaikan operasi
perpangkatan pecahan bentuk aljabar.
-
Pertemuan Kelima
Peserta didik dapat
menyederhanakan pecahan bentuk aljabar dan pecahan bersusun.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect), Tekun
( diligence ), Tanggung
jawab ( responsibility )
B. Materi Ajar
Faktorisasi Suku Aljabar, yaitu mengenai:
a. Menjelaskan
pengertian koefisien, variabel, dan konstanta.
b. Menyelesaikan operasi bentuk aljabar.
c. Menyelesaikan
operasi pecahan dalam bentuk aljabar.
C. Metode Pembelajaran
Ø Ceramah,
Ø tanya jawab,
Ø diskusi,
Ø pemberian tugas.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama
Pendahuluan - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan
Inti:
§ Eksplorasi Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1. memberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bentuk aljabar, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut secara bersama-sama membahas contoh soal.
memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan,
dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja;
F Peserta didik mengerjakan beberapa soal dalam buku paket..
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, atau hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
Ø
Pertemuan Kedua
Pendahuluan : - Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan
Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F memberikan stimulus berupa pemberian
materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan perpangkatan pada bentuk aljabar, kemudian antara peserta
didik dan guru mendiskusikan materi tersebut
F secara bersama-sama
membahas contoh soal.
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja;
F Peserta didik mengerjakan beberapa soal dalam buku paket..
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, atau hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
F melakukan penilaian dan/atau
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram;
F memberikan umpan balik terhadap
proses dan hasil pembelajaran;
Ø
Pertemuan Ketiga
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan
Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan stimulus
berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada pecahan dalam bentuk
aljabar kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi
tersebut.
F Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menyelesaikan operasi
penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pada bentuk aljabar dan
pecahan bentuk aljabar
F Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh soal.
F materi yang akan dipelajari
dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari
aneka sumber;
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Peserta didik mengerjakan beberapa soal dalam buku paket.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru memberikan
pekerjaan rumah (PR) dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.
Ø
Pertemuan Keempat
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memeriksa
PR
Kegiatan
Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan stimulus
berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyelesaikan operasi
perpangkatan pada pecahan dalam bentuk
aljabar
F Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh soal
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Peserta didik mengerjakan beberapa soal dalam buku paket.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru memberikan
pekerjaan rumah (PR) dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.
Ø
Pertemuan Kelima
Pendahuluan : - Apersepsi
: Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini.
Kegiatan
Inti:
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Peserta didik diberikan stimulus
berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menyederhanakan pecahan bentuk
aljabar dan pecahan bersusun, kemudian antara peserta didik dan guru
mendiskusikan materi tersebut
F Peserta didik mengkomunikasikan
secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menyederhanakan pecahan bentuk
aljabar dan pecahan bersusun.
F Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh soal
F menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran;
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta didik untuk
menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Peserta didik mengerjakan beberapa soal dalam buku paket.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif
dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap
keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik
melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk
memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø berfungsi sebagai narasumber dan
fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan,
dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan masalah;
Ø memberi acuan agar peserta didik
dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi kepada
peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup,
Peserta didik membuat rangkuman
subbab yang telah dipelajari secara lisan atau tertulis
E. Alat dan Sumber Belajar
Sumber :
- Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas VIII Semester 1.
- Buku
referensi lain
No comments:
Post a Comment